UPACARA PERINGATAN HARI PAHLAWAN KE 73 TAHUN 2018

12 Nov

WONOGIRI-PN Wng Pada Hari Senin, 12 November 2018, Pengadilan Negeri Wonogiri melaksanakan upacara memperingati Hari Pahlawan yang ke-73 Tahun, menindaklanjuti Surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor. 1374/SEK/HM.01.2/11/2018 tanggal 08 November 2018, tentang Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan Ke - 73 Tahun 2018. Dengan berdasarkan surat tersebut diinstruksikan kepada seluruh Pengadilan pada empat lingkungan peradilan untuk menyelenggarakan upacara bendera pada hari Senin, tanggal 12 November 2018.


Pada peringatan hari pahlawan yang ke-73 kali ini mengambil tema “ Semangat Pahlawan  Didadaku” Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Wakil Ketua Pengadilan Negeri Wonogiri, Bapak Lingga Setiawan, S.H., M.H. Dalam pidatonya, Bapak Wakil Ketua Pengadilan Negeri Wonogiri berpesan untuk menghormati jasa pahlawan dan mengajak seluruh lapisan masyarakat, untuk terus berjuang, bekerja, dan berkarya.


Upacara berlangsung dengan khidmat, dihadiri oleh seluruh Hakim, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, Para Pegawai serta seluruh tanaga honorer di Pengadilan Negeri Wonogiri.

hari pahlawan

UPACARA PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA KE-90 TAHUN 2018 PENGADILAN NEGERI WONOGIRI

29 Oct

WONOGIRI-PN Wng Senin tanggal 29 Oktober 2018 bertempat dihalaman kantor Pengadilan Negeri Wonogiri kelas IB. Menindaklanjuti surat edaran Sekretaris Mahkamah Agung Nomor: 1325/SEK/HM.01.2/10/2018 tanggal 25 Oktober 2018 tentang Peringatan  Hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun 2018, Pengadilan Negeri Wonogiri Kelas 1B melaksanakan Upacara Bendera diikuti oleh seluruh Hakim, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional dan para pegawai. Pada peringatan hari Sumpah Pemuda yang ke-90 di tahun 2018 ini dengan mengusung tema "Bangun Pemuda Satukan Indonesia"

Upacara bendera tersebut dipimpin langsung Inspektur Upacara Bapak Lingga Setiawan, S.H.,M.H Wakil Ketua Pengadilan Negeri Wonogiri Kelas 1B. Upacara diawali dengan laporan dari Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara bahwa upacara akan dimulai, kemudian Pengibaran Bendera Merah Putih oleh Petugas, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Inspektur Upacara. Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan Teks Pancasila dan pembacaan Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945  serta pembacaan Keputusan Konggres Pemuda Indonesia 1928, Pembacaan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga RI dan ditutup dengan pembacaan doa oleh petugas.

Sumpah Pemuda Ke 90

SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN TENTANG REFORMASI BIROKRASI PN WONOGIRI

15 Oct

WONOGIRI-PN Wng Sebagai salah satu upaya terwujudnya “Badan Peradilan Indonesia yang Agung” sesuai dengan visi dan misi Mahkamah Agung RI yang tercantum dalam Cetak Biru pembaruan Peradilan 2010-2035, dimana salah satu langkah yang diperlukan adalah mengelola dan membina Sumber Daya Manusia yang kompeten sehingga tercipta Hakim dan Aparatur Peradilan yang berintegritas, maka sehubungan dengan hal tersebut, Pengadilan Negeri Wonogiri Kelas IB mengadakan kegiatan berupa Sosialisasi dan Pendampingan tentang Reformasi Birokrasi yang di adakan pada hari Jum’at tanggal 12 Oktober 2018 Pukul 08.00 WIB di Ruang Sidang Cakra dengan menghadirkan Pembicara Bapak Agung Nur Probohudono, S.E., M.Si., P.hD., Ak., CA., C.FrA., dan kawan-kawan dari Pusat Studi Transparansi Publik dan Anti Korupsi (PUSTAPAKO) LPPM- Universitas Sebelas Maret Surakarta. Acara tersebut di buka langsung oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Wonogiri Bapak Lingga Setiawan, S.H. M.H., kemudian di lanjutkan penyampaian materi oleh Pembicara. Acara Sosialisasi tersebut di ikuti para hakim, pejabat strutural dan fungsional serta seluruh pegawai Pengadilan Negeri Wonogiri.

Berikut materi yang disampaikan pada Sosialisasi dan Pendampingan tentang Reformasi Birokrasi tersebut Unduh (klik di sini).

 RB 1

RB 2

FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) dengan tema “ OPTIMALISASI KINERJA APARAT PERADILAN PN WONOGIRI”

22 Oct

WONOGIRI-PN Wng Jum’at 19 Oktober 2018 bertempat di ruang Sidang Cakra Kantor Pengadilan Negeri Wonogiri kembali di adakan kegiatan berupa Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “ OPTIMALISASI KINERJA APARAT PERADILAN PENGADILAN NEGERI WONOGIRI”. Acara tersebut diadakan sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja aparatur peradilan di Pengadilan Negeri Wonogiri, agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat para pencari keadilan. Acara di buka oleh Ketua Pengadilan Negeri Wonogiri Bapak Mohammad Istiadi, S.H., M.H kemudian dilanjutkan oleh Bapak Agung Nur Probohudono, S.E., M.Si., P.hD., Ak., CA., C.FrA., dan kawan-kawan dari Pusat Studi Transparansi Publik dan Anti Korupsi (PUSTAPAKO) LPPM- Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) selaku pembicara. Acara Focus Group Discussion(FGD) tersebut di mulai pukul 08.00 – 11.00 WIB dan di ikuti para hakim, pejabat strutural dan fungsional serta seluruh pegawai Pengadilan Negeri Wonogiri.

FGD 1

FGD 2

FGD 3

FGD 4

FGD 5

 

UPACARA BENDERA PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA

01 Oct

WONOGIRI-PN Wng Dalam rangka memperingati hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2018, Menindaklanjuti Surat dari Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor : 1208/SEK/HM.01.2/09/2018 dan juga Surat dari Menteri Sekretaris Negara RI dengan Nomor : B 737/M.Sesneg/Set/TU.00.04/09/2018 tanggal 25 September 2018 tentang Penyelenggaraan Upacara Peringatan Kesaktian Pancasila Tahun 2018. Pengadilan Negeri Wonogiri Kelas IB pada hari Senin tanggal 1 Oktober 2018 mengadakan upacara bertempat dihalaman kantor Pengadilan Negeri Wonogiri Kelas IB. Upacara dimulai pukul 08.00 WIB diikuti oleh segenap Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional serta Pegawai Pengadilan Negeri Wonogiri Kelas IB. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Bapak Lingga Setiawan, S.H.,M.H selaku Wakil Ketua Pengadilan Negeri Wonogiri Kelas IB. Ikrar di bacakan langsung oleh Sekretaris Pengadilan Negeri Wonogiri Kelas IB Bapak Samsri, S.H.

Bunyi Ikrar tersebut adalah:

IKRAR

Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya:

bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia;

bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya menumbangkan Pancasila sebagai ideologi Negara;

bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia;

maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nila-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Jakarta, 1 Oktober 2018

Atas Nama Bangsa Indonesia

Wakil Ketua DPR RI

 

 

H Bambang Soesatyo, SE., M.B.A.

Upacara berlangsung dengan khidmat dan ditutup dengan pembacaan doa.

Kesaktian Pancasila 2

Kesaktian Pancasila 3