Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Panitera Pengadilan Negeri Wonogiri Kelas 1B

04 Jun

Wonogiri, 3 Juni 2020 Pengadilan Negeri Wonogiri adalah acara pengambilah sumpah dan pelantikan panitera Pengadilan Negeri Wonogiri Kelas 1B, Bp Sumarmin, SH menggantikan Panitera yang dulu Bp Muhammad SH,MH yang mendapat tugas baru sebagai panitera pengganti di pengadilan Tinggi Surabaya. Acara pengambilan sumpah dan pelatihan tersebut berlangsung di ruang sidang cakra, acara dimulai pukul 10.00 WIB di pimpin oleh yang mulia Ketua Pengadilan Negeri Bpk Muhammad Istiadi, S.H, M.H., dan bertindak sebagai saksi adalah Bpk Dr. Slamet M.H.I dan Bp. Cahyo, Sos serta yang membacakan surat keputusan Ibu Ari Sulistyowati, S.H, Kasub Kepegawaian.

Dalam pelaksanaan pengambilan sumpah dan pelantikan ini dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan covid 19. Dengan menerapkan sosial distancing serta tamu undangan yang hadir di batasi jumlahnya dan wajib cuci tangan serta menggunakan masker.

PN Wonogiri Mengikuti Rapat Online Bersama KPT Baru

29 Apr

Wonogiri, Rabu, 29 April 2020 pukul 8.30 WIB. Pengadilan Tinggi Jawa Tengah mengadakan rapat online dengan 4 pilar seluruh Pengadilan Negeri se-Jateng yang dipimpin oleh Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah yang baru yaitu Bapak Dr. H. Cicut Sutiarso, S.H., M.Hum. Rapat tersebut dilakukan melalui video teleconference hal ini dilakukan dalam mematuhi protokoler Kesehatan untuk mencegah Covid-19. Dari Pengadilan Negeri Wonogiri rapat online diikuti oleh Ketua Pengadilan Negeri Wonogiri Bapak MOHAMMAD ISTIADI, S.H.,M.H., Panitera Pengadilan Negeri Wonogiri Bapak MUHAMMAD, S.H.,M.H. serta Sekretaris Pengadilan Negeri Wonogiri Bapak CAHYOTOMO, S.Sos. Rapat online ini berisi pengarahan pelaksanaan tugas selama masa pencegahan penyebaran corona virus disease 2019 (COVID-19) sekaligus perkenalan Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah yang baru yaitu Bapak Dr. H. Cicut Sutiarso, S.H., M.Hum.

ACARA PENGANTAR ALIH TUGAS HAKIM DAN PEGAWAI PENGADILAN NEGERI WONOGIRI

05 Mar

Wonogiri, PN-Wng [05/03/2020]

Pada hari Kamis, tanggal 05 Maret 2020, Pengadilan Negeri Wonogiri menyelenggarakan acara Pengantar Alih Tugas Hakim dan Pegawai Pengadilan Negeri Wonogiri. Hakim dan Pegawai tersebut, adalah: Bunga Lilly, S.H., yang dimutasikan dan menjadi Hakim Pengadilan Negeri Tasikmalaya, Siwi Rumbar Wigati, S.H., yang dimutasikan dan menjadi Hakim Pengadilan Negeri Sleman, Wiguna Teguh Mulyo, S.E., S.H., yang dimutasikan dan menjadi Panitera Pengganti Pengadilan Negeri Pacitan, dan Sindra Riefly Wardhana, S.H., M.H, yang dimutasikan dan menjadi Panitera Pengganti Pengadilan Negeri Magetan.

Acara ini diselenggarakan di Ruang Sidang Cakra Pengadilan Negeri Wonogiri dan diikuti oleh Ketua, Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional, Jaksa Kejaksaan Negeri Wonogiri, Advokat/Pengacara dan seluruh Pegawai Pengadilan Negeri Wonogiri. Acara ini dimulai tepat pada pukul 09.30 WIB dengan didahului oleh sambutan dari Ketua Pengadilan Negeri Wonogiri. Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Negeri Wonogiri, Mohammad Istiadi, S.H., M.H., yang menyampaikan selamat kepada Ibu Bunga Lilly, S.H., Ibu Siwi Rumbar Wigati, S.H., Bapak Wiguna Teguh Mulyo, S.E., S.H., dan Bapak Sindra Riefly Wardhana, S.H., M.H., atas mutasi dan promosinya di tempat tugas baru. Beliau juga menyampaikan terima kasih atas pengabdian dan dedikasinya selama bertugas di Pengadilan Negeri Wonogiri. Dan berharap semoga semakin sukses ke depannya.

Sesudah sambutan dari Ketua Pengadilan Negeri Wonogiri, diikuti dengan penyampaian pesan dan kesan dari hakim dan pegawai yang alih tugas. Yang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa, pemberian cindera mata, serta diakhiri dengan pemberian ucapan selamat dari Ketua Pengadilan Negeri Wonogiri, yang kemudian diikuti oleh seluruh tamu undangan yang hadir. (wtm)

LAUNCHING APLIKASI SIBAPER (SISTEM INFORMASI BAGIAN PERDATA) PENGADILAN NEGERI WONOGIRI

09 Mar

Wonogiri, PN Wng[09/03/2020]

Untuk memberikan akses yang luas mengenai informasi perkara dan keuangan perkara perdata dan literasi yang lengkap bagi masyarakat di Kabupaten Wonogiri, khususnya masyarakat pencari keadilan, maka Pengadilan Negeri Wonogiri membuat aplikasi yang memuat informasi perkara perdata yang berbasis android.

Aplikasi ini dibuat untuk menjawab adanya permasalahan yang selama ini masih terjadi terkait dengan akses informasi bagii masyarakat, sehingga mereka memperoleh kemudahan dan keuntungan dari aplikasi tersebut. Dengan mengundang para kepala desa/lurah dan camat-camat di Kabupaten Wonogiri, dengan pula dihadiri oleh Forkompinda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kabupaten Wonogiri, maka dilaksanakan acara Launching Aplikasi SIBaPer (Sistem Informasi Perkara Perdata) Pengadilan Negeri Wonogiri, pada hari Senin tanggal 09 Maret 2020 yang bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kabupaten Wonogiri.

Dalam sambutan pembukaan, Ketua Pengadilan Negeri Wonogiri, Mohammad Istiadi, S.H., M.H., menyampaikan bahwa aplikasi yang memuat informasi perkara perdata dan berbasis android ini dan dapat diunduh secara gratis di Google Play Store dengan menggunakan key word “SIBAPER merupakan sebuah terobosan dan akan mempermudah masyarakat mencari keadilan di bidang perdata. Sehingga aplikasi ini diharapkan dapat membantu masyarakat di Kabupaten Wonogiri dalam mengurus hak-hak pribadinya.

Selanjutnya Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, menyampaikan bahwa sistem aplikasi berbasis android ini menunjukkan komitmen Pengadilan Negeri Wonogiri dalam memberikan pelayanan berbasis transparansi, efisiensi, tepat sasaran dan kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan, khususnya pihak-pihak yang berperkara perdata, mengingat letak geografis Kabupaten Wonogiri sangat ekstrem dan jarak terjauh dari titik pemerintahan mencapai 64 (enam puluh empat) kilometer. Beliau meminta kepada Kepala Desa mengfungsikan ruang-ruang publik untuk mensosialisasikan SIBaPer kepada masyarakat, sehingga bagi yang belum melek teknologi, Kepala Desa menjadi kepanjangan tangan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.Selama ini masyarakat beranggapan bahwa kerja dan kinerja dari aparatur tidak profesional, padahal yang terjadi ketidakpahaman dari masyarakat sendiri. Akan ada keuntungan yang dipetik dari pemanfaatan aplikasi, diantaranya mencegah terjadinya korupsi.

Setelah acara Launching Aplikasi SIBaPer, dilanjutkan dengan Paparan dan Demo Aplikasi yang disampaikan oleh Tim Perdata Pengadilan Negeri Wonogiri. Dan dalam Aplikasi SIBaPer, terdapat 12 (dua belas) fitur, yaitu: 1) Alur Pendaftaran Perkara; 2) Jadwal Sidang; 3) SIPP; 4) Website PN Wonogiri; 5) E-Court; 6) Regulasi; 7) Persyaratan; 8) Contoh Surat Permohonan/Gugatan/Gugatan Sederhana; 9) Biaya Perkara; 10) Direktori Putusan; 11) Pelayanan Hukum; dan 12) Delegasi. Untuk menambah kemeriahan acara tersebut, dibagikan beberapa doorprize bagi beberapa peserta yang beruntung. (wtm)

 

https://youtu.be/HG_MNY2qwwg

Nonton Bareng Live Streaming Launching SIWAREG Pengadilan Tinggi Jawa Tengah

14 Jan

Wonogiri - Selasa, 14 Januari 2020, Pengadilan Negeri Wonogiri mengadakan acara nonton bersama peluncuran Aplikasi SIWAREG melalui Chanel Youtube Pengadilan Tinggi Jawa Tengah. Acara Nonton Bersama ini di laksanakan di Ruang Sidang Cakra Pengadilan Negeri Wonogiri dan dihadiri oleh Para Hakim, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, dan Staf Pengadilan Negeri Wonogiri. 

Siwareg (Sistem Informasi Pengawasan Reguler) difokuskan untuk pengawasan intern tanpa harus melakukan kunjungan ke daerah. Sehingga diharapkan dapat menekan biaya perjalanan dinas dalam pengawasan reguler yang dilakukan di daerah-daerah wilayah hukum Pengadilan Tinggi Jawa Tengah.