LAUNCHING APLIKASI SIBAPER (SISTEM INFORMASI BAGIAN PERDATA) PENGADILAN NEGERI WONOGIRI

20 Oct

Wonogiri, PN Wng[09/03/2020]

Untuk memberikan akses yang luas mengenai informasi perkara dan keuangan perkara perdata dan literasi yang lengkap bagi masyarakat di Kabupaten Wonogiri, khususnya masyarakat pencari keadilan, maka Pengadilan Negeri Wonogiri membuat aplikasi yang memuat informasi perkara perdata yang berbasis android.

Aplikasi ini dibuat untuk menjawab adanya permasalahan yang selama ini masih terjadi terkait dengan akses informasi bagii masyarakat, sehingga mereka memperoleh kemudahan dan keuntungan dari aplikasi tersebut. Dengan mengundang para kepala desa/lurah dan camat-camat di Kabupaten Wonogiri, dengan pula dihadiri oleh Forkompinda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kabupaten Wonogiri, maka dilaksanakan acara Launching Aplikasi SIBaPer (Sistem Informasi Perkara Perdata) Pengadilan Negeri Wonogiri, pada hari Senin tanggal 09 Maret 2020 yang bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kabupaten Wonogiri.

Dalam sambutan pembukaan, Ketua Pengadilan Negeri Wonogiri, Mohammad Istiadi, S.H., M.H., menyampaikan bahwa aplikasi yang memuat informasi perkara perdata dan berbasis android ini dan dapat diunduh secara gratis di Google Play Store dengan menggunakan key word “SIBAPER merupakan sebuah terobosan dan akan mempermudah masyarakat mencari keadilan di bidang perdata. Sehingga aplikasi ini diharapkan dapat membantu masyarakat di Kabupaten Wonogiri dalam mengurus hak-hak pribadinya.

Selanjutnya Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, menyampaikan bahwa sistem aplikasi berbasis android ini menunjukkan komitmen Pengadilan Negeri Wonogiri dalam memberikan pelayanan berbasis transparansi, efisiensi, tepat sasaran dan kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan, khususnya pihak-pihak yang berperkara perdata, mengingat letak geografis Kabupaten Wonogiri sangat ekstrem dan jarak terjauh dari titik pemerintahan mencapai 64 (enam puluh empat) kilometer. Beliau meminta kepada Kepala Desa mengfungsikan ruang-ruang publik untuk mensosialisasikan SIBaPer kepada masyarakat, sehingga bagi yang belum melek teknologi, Kepala Desa menjadi kepanjangan tangan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.Selama ini masyarakat beranggapan bahwa kerja dan kinerja dari aparatur tidak profesional, padahal yang terjadi ketidakpahaman dari masyarakat sendiri. Akan ada keuntungan yang dipetik dari pemanfaatan aplikasi, diantaranya mencegah terjadinya korupsi.

Setelah acara Launching Aplikasi SIBaPer, dilanjutkan dengan Paparan dan Demo Aplikasi yang disampaikan oleh Tim Perdata Pengadilan Negeri Wonogiri. Dan dalam Aplikasi SIBaPer, terdapat 12 (dua belas) fitur, yaitu: 1) Alur Pendaftaran Perkara; 2) Jadwal Sidang; 3) SIPP; 4) Website PN Wonogiri; 5) E-Court; 6) Regulasi; 7) Persyaratan; 8) Contoh Surat Permohonan/Gugatan/Gugatan Sederhana; 9) Biaya Perkara; 10) Direktori Putusan; 11) Pelayanan Hukum; dan 12) Delegasi. Untuk menambah kemeriahan acara tersebut, dibagikan beberapa doorprize bagi beberapa peserta yang beruntung. (wtm)

 

https://youtu.be/HG_MNY2qwwg